Jumat, 22 Maret 2013

Pengertian Multimedia


Kata multimedia merupakan kata serapan yang diambil dari bahasa lati, yaitu Multi dan Medium, Multi yang artinya banyak atau bermacam-macam, sedangkan Medium sesuatu yang dipakai untuk menyampaikan atau membawa sesuatu. Sedangkan arti Medium menurut American Heritage Electronic Dictionary, 1991) yaitu alat dan cara untuk mendistribusikan dan mempresentasikan.
Beberapa definisi multimedia menurut beberapa ahli diantaranya:
  1. Kombinasi dari paling sedikit dua media input atau output. Media ini dapat berupa audio (suara, musik), animasi, video, teks, grafik dan gambar (Turban dkk, 2002)
  2. Alat yang dapat menciptakan presentasi yang dinamis dan interaktif yang mengkombinasikan teks, grafik, animasi, audio dan video (Robin dan Linda, 2001)
  3. Multimedia dalam konteks komputer menurut Hofstetter (2001) adalah: pemanfaatan komputer untuk membuat dan menggabungkan teks, grafik, audio, video, dengan menggunakan tool yang memungkinkan pemakai berinteraksi, berkreasi, dan berkomunikasi.
  4. Multimedia sebagai  perpaduan antara teks, grafik,  sound, animasi, dan video untuk menyampaikan pesan kepada publik (Wahono, 2007)
  5. Multimedia merupakan kombinasi dari data text, audio, gambar, animasi, video, dan interaksi (Zeembry, 2008)
  6. Multimedia (sebagai kata sifat) adalah media elektronik untuk menyimpan dan menampilkan data-data multimedia (Zeembry, 2008)
Multimedia adalah penggunaan komputer untuk menyajikan dan menggabungkan teks, suara, gambar, animasi dan video dengan alat bantu (tool) dan koneksi (link) sehingga pengguna dapat melakukan navigasi, berinteraksi, berkarya dan berkomunikasi. Multimedia sering digunakan dalam dunia hiburan. Selain dari dunia hiburan, Multimedia juga diadopsi oleh dunia game.
Beberapa definisi menurut para ahli :
Ø  Kombinasi dari computer dan video (Rosch, 1996)
Ø  Kombinasi dari tiga elemen : suara, gambar dan teks (McComick, 1996)
Ø  Kombinasi dari paling sedikit dua media input dan output. Media ini dapat berupa audio (suara, musik), animasi, video, teks, grafik dan gambar (Turban dan kawan-kawan, 2001)
Ø  Multimedia dalam konteks computer Hofstetter, 2001 adalah: Pemanfaatan computer untuk membuat dan menggabungkan teks, grafik, audio, video, dengan menggunakan tool yang memungkinkan pemakai berinteraksi, berkreasi dan berkomunikasi.
Ø  Rosch: Multimedia adalah kombinasi dari komputer dan video
Ø  McComick: Multimedia adalah kombinasi dari tiga elemen: suara, gambar dan teks
Ø  Turban dan kawan-kawan: Multimedia adalah Kombinasi dari paling sedikit dua media input atau output. Media ini dapat berupa audio (suara, musik), animasi, video, teks, grafik dan gambar
Ø  Robin dan Linda: Multimedia adalah alat yang dapat menciptakan presentasi yang dinamis dan interaktif yang mengkombinasikan teks, grafik, animasi, audio dan video
Ø  Hofstetter: Multimedia adalah pemanfaatan komputer untuk membuat dan menggabungkan teks, grafik, audio, video, dengan menggunakan tool yang memungkinkan pemakai berinteraksi, berkreasi, dan berkomunikasi.

Pada awalnya multimedia hanya mencakup media yang menjadi konsumsi indra penglihatan (gambar diam, teks, gambar gerak video, dan gambar gerak rekaan/animasi), dan konsumsi indra pendengaran (suara). Dalam perkembangannya multimedia mencakup juga kinetik (gerak) dan bau yang merupakan konsupsi indra penciuman. Multimedia mulai memasukkan unsur kinetik sejak diaplikasikan pada pertunjukan film 3 dimensi yang digabungkan dengan gerakan pada kursi tempat duduk penonton. Kinetik dan film 3 dimensi membangkitkan sense realistis.
Multimedia dapat disajikan dalam beberapa metode, antara lain :
Ø  Berbasis kertas (Paper-based), contoh : buku, majalah, brosur.
Ø  Berbasis cahaya (Light-based), contoh : slideshows, transparansi.
Ø  Berbasis suara (Audi-based), contoh : CD Players, tape recorder, radio.
Ø  Berbasis gambar bergerak (Moving-image-based), contoh : televisi, VCR (Video Cassete Recorder, film.
Ø  Berbasis Digital (Digilatally-based), contoh : komputer.

MENGAPA MULTIMEDIA
Pemenuhan kebutuhan informasi bagi manusia baik yang bergerak di bidang pendidikan, perusahaan, hiburan dan sebagainya mengalami perubahan pola atau cara. Dengan berbagai alasan seperti efisiensi waktu, biaya dan ruang, manusia cenderung mengingini perolehan dan penyimpanan informasi dengan cara-cara yang sederhana, cepat, menyenangkan, efisien dalam pemakaian ruang dan dengan biaya yang relative murah.
Disisi lain berdasarkan pengamatan terhadap kemampuan manusia dalam menerima dan mengingat informasi yang diterimanya, menurut Riset Computer Technology Research (CTR) :                            
Ø  Manusia mampu mengingat 20 % dari apa yang dia lihat
Ø  Manusia mampu mengingat 30% dari yang dia dengar
Ø  Manusia mampu mengingat 50% dari yang didengar dan dilihat
Ø  Manusia mampu mengingat 70% dari yang dia lihat, didengar dan dilakukan
Ø  Mengacu pada hasil penelitian tersebut, para ahli teknologi berupaya mengadakan teknologi yang memungkinkan manusia memperoleh informasi yang diingininya dengan cara melihat, mendengar dan mengalami (menjadi pelaku) di dalamnya Dll.
KLASIFIKASI MULTIMEDIA
Media (berdasar ISO93a) dapat diklasifikasikan menjadi beberapa criteria :
1.      Perception Medium
Perception media merupakan penggunaan media dalam membantu manusia untuk merasakan lingkungannya. Bagaimana manusia menerima informasi pada lingkungan computer? Persepsi informasi melalui penglihatan atau pendengaran? Penerimaan informasi yang diterima manusia melalui indera “pendengaran” dan atau “penglihatan” tentunya akan mengalami perbedaan persepsi.
Aspek pada presentation medium :
Ø  Aspek Representation space : sesuatu yang terkandung dalam presentasi secara nyata. Misalnya kertas, layer, slide show, banner, poster dsb
Ø  Aspek Representation Values : nilai-nilai yang terkandung dalam presentasi
1.          self contained (isi presentasi itu sendiri)
2.          Predifined Symbol set (makna dari symbol) misalnya teks, ucapan, gerak tubuh
3.          Aspek Representation Dimension Ruang (space)  dan Waktu (time) :
Ø  Time independent (tidak bergantung terhadap waktu), discreet (text, grafis)
Ø  Time dependent (bergantung terhadap waktu) continous media (video, audio sinyal dari sensor yang berbeda
4.         Representation Medium (media yang digunakan untuk mempresentasikan informasi) dalam hal ini dengan format apa informasi akan disajikan.
5.         Presentation Medium (media penyajian) Tool dan device yang digunakan untuk proses input dan output informasi. Melalui media apa informasi disajikan oleh computer?
Ø  Output :kertas, layer, speaker
Ø  Input : keyboard, mouse, kamera, microphone
6.         Storage Medium (media penyimpanan) Pembawa data yang mempunyai kemampuan untuk menyimpan informasi. Dimanakah informasi akan disimpan (micro film, hard disk, floppy disk, flash disk, CD-ROOM, DVD, VCD, SDCard dsb.
7.      Transmission Medium (Media Pengiriman) Pembawa informasi yang memungkinkan terjadinya transmisi (pengiriman) data secara kontinyu (tidak termsuk media penyimpanan). Bagaimana informasi dari tempat yang berbeda dapat dipertukarkan? (melalui jaringan menggunakan kabel (coaxial, fiber optic) atau melalui udara terbuka (wireless).
8.      Information Exchange Medium (media penukaran informasi) Pembawa informasi untuk transmisi, contoh : media penyimpanan dan media transmisi. Bagaimana informasi yang berbeda saling dipertukarkan? (direct transmission dengan jaringan computer, combined (storage dan transmission media), web yang berisi informasi, e-book, forum
JENIS-JENIS SOFTWARE YANG BIASA DIGUNAKAN UNTUK MULTIMEDIA
Dalam dunia yang canggih sekarang ini, Kita di permudah dalam mengolah beberapa media informasi, seperti gambar/Image, teks, audio, grafik, interaktif, video dan masih banyak lagi jenis-jenis aplikasi multimedia yang lainnya. Dari yang hanya sekedar melihat (View) sampai dengan mengedit dan membuat nya.
Berikut ini  jenis-jenis software multimedia yang diketahui :
Audio/Video Editor
            Video/audio editor adalah jenis perangkat lunak yang digunakan untuk mengedit dan memanipulasi informasi dalam bentuk video dan audio. Banyak sekali proses dalam mengedit video dan audio, contohnya adalah proses pemotongan, penggabungan, konversi format audio/video, dan manipulasi kualitas audio/video. Beberapa jenis perangkat lunak media player adalah:
1.      Adobe Premiere Pro, bersifat komersial dan diproduksi oleh Adobe Systems.
2.      Adobe Premiere Elements, bersifat komersial dan diproduksi oleh Adobe Systems.
3.      Windows Movie Maker, bersifat komersial dan diproduksi Microsoft Corp.
4.      Pinnacle Studio, bersifat komersial dan diproduksi oleh Pinnacle Systems.
5.      TMPGEnc, bersifat komersial dan diproduksi oleh Pegasis Inc.
Multimedia dimanfaatkan juga dalam dunia pendidikan dan bisnis. Di dunia pendidikan, multimedia digunakan sebagai media pengajaran, baik dalam kelas maupun secara sendiri-sendiri. Di dunia bisnis, multimedia digunakan sebagai media profil perusahaan, profil produk, bahkan sebagai media kios informasi dan pelatihan dalam sistem e-learning.
Baru mulai menjadi bagian dari multimedia sejak ditemukan teknologi reproduksi bau melalui telekomunikasi. Dengan perangkat input pendeteksi bau, seorang operator dapat mengirimkan hasil digitizing bau tersebut melalui internet. Komputer penerima harus menyediakan perangkat output berupa mesin reproduksi bau. Mesin reproduksi bau ini mencampurkan berbagai jenis bahan bau yang setelah dicampur menghasilkan output berupa bau yang mirip dengan data yang dikirim dari internet. Dengan menganalogikan dengan printer, alat ini menjadikan feromon-feromor bau sebagai pengganti tinta. Output bukan berupa cetakan melainkan aroma.

Sumber :






Senin, 04 Februari 2013

Tugas Softskill 3 Analisis Teknik Dan Biaya



Suatu perusahaan sedang mempertimbangkan untuk mengganti mesin yang lama dengan mesin yang baru. Mesin baru mempunyai umur ekonomis selama 10 tahun dengan harga perolehan 40.000 USD, sementara mesin lama mempunyai umur ekonomis selama 5 tahun dengan harga pokok 25.000 USD dengan nilai buku 12.500 USD. Perusahan berencana menjual mesin yang lama dengan perkiraan nilai pasar sebesar 15.000 USD. Bila terjadi penggantian maka diharapkan produksi akan meningkat menjadi 125.000 unit dari sebelumnya 100.000 unit. Diketahui harga jual produk 1.50 USD / unit sementara pajak 34 %.
Data yang diperoleh antara lain :
Upah pekerja dari mesin lama adalah 31.000 USD sementara mesin baru 30.000 USD.
Biaya bahan baku mesin lama adalah 38.000 USD sementara mesin baru 36.000 USD.
Biaya overhead menin lama sebesar 37.000 USD sementara mesin baru 36.000 USD
Berdasarkan uraian diatas hitunglah :
a. Arus kas bersihnya !
b. Dengan menggunakan metode IRR apakah penggantian mesin dapat dilanjutkan ? jelaskan jawaban anda.
a. Arus kas bersih
Penyusutan : 40.000 / 10 tahun = 4.000 USD / tahun
ESTIMASI LABA BERSIH
Pendapatan                                                                 40.000 USD
Biaya yang dikeluarkan :
Total biaya                                               66.000 USD
Penyusutan                                                 4.000 USD
Total                                                                            70.000 USD
Laba sebelum pajak (Earning Before Tax)                  15.000 USD
Pajak 34%                                                                      5100 USD
Laba bersih                                                                    9.900 USD

Aliran kas masuk bersih       =        EAT + Penyusutan
Aliran kas masuk bersih       =        9.900 + 4.000 = 13.900 USD
b. Dengan menggunakan metode IRR apakah penggantian mesin dapat dilanjutkan ? jelaskan jawaban anda.
     Jawab:
DF 34%
           P = P + A (P/A,i,n) + F (P/F, i, n)
           P = -40.000+ 25. 000 (P/A, 34%, 5) + 15.000 (P/F, 34%, 5)
           P = -40.000+42.500 + 25.500
           P = 27.500 USD
DF 30%
PV = 25.000 / (1 +0,3) +  25.000/(1 + 0,3)2 + 25.000/ (1 + 0,3)3+…..+ 25.000/(1 + 0,3)5 + 15.000/(1 + 0,3)5
            PV = 19.231 + 14.793+ 11.379 +8.741+6.738+4.043
            PV = 64.925
            NPV = 64.925 – 40.000 = 24.925 USD
DF 44%
PV = 25.000 / (1 +0,44) +  25.000/(1 + 0,44)2 + 25.000/ (1 + 0,44)3+…..+ 25.000/(1 + 0,44)5 + 15.000/(1 + 0,44)5
            PV = 17.361 + 12.077 + 8.389 + 5.814 + 4.038 +2.423
            PV = 50.102
            NPV = 50.102 – 40.000
            NPV = 10.102
Sehingga dapat diambil kesimpulan, semakin besar DF, gagasan usaha layak.

Jumat, 07 Desember 2012

Tugas Analisa Teknik Dan Biaya


Suatu perusahaan sedang mempertimbangkan untuk mengganti mesin yang lama dengan mesin yang baru. Diketahui mesin yang lama mempunyai nilai buku sebesar Rp 100 juta dan masih bisa digunakan selama 5 tahun dengan nilai residu sebesar 0. Sementara mesin baru mempunyai harga Rp 150 juta dengan nilai residu sebesar 0 dan mempunyai usia  ekonomis 6 tahun. Metode penyusutan den metode straight line. Mesin lama masih dapat dijual seharga Rp 80 juta dengan tarif pajak 30 %.

Berdasarkan uraian diatas hitunglah taksiran aliran kasnya!

Jawaban :

Penaksiran aliran kas yang kita gunakan adalah dengan menggunakan taksiran selisih (incremental).
Kalau perusahaan mengganti mesin lama dengan mesin baru, maka perlu tambahan investasi sebesar
Rp 150 juta – Rp 100 juta = Rp 50 juta.

Taksiran operasional cash flow per tahun adalah :
Tambahan keuntungan karena penghematan
Biaya operasional                                            :           Rp   30 juta

Tambahan penyusutan : Mesin baru : :                          Rp   25 juta
Mesin lama :                                                    :           Rp   20 juta                        
                                                                               =  Rp     5 juta

Tambahan laba sebelum pajak                         :           Rp   25 juta
Tanbahan pajak                                               :           Rp  7,5 juta      

Tambahan laba setelah pajak  :                                   Rp 17,5 juta

Tambahan kas masuk bersih                            :          Rp 17,5 juta
                     Rp    5    juta     +
                                                                            =   Rp  22,5 juta

Dengan demikian maka taksiran lengkap aliran khasnya adalah :

Tambahan initial investastment                       :  Rp   50 juta.
Tambahan operational cash flow per tahun    :  Rp   22,5 juta (untuk 5 tahun).
Tambahan terminal cash flow                         :  Rp  50 juta (pada akhir tahun ke 5).

Rabu, 17 Oktober 2012

Jelaskan mengapa nilai waktu dari uang menjadi hal yang penting dalam faktor biaya ?



2. Jelaskan mengapa nilai waktu dari uang menjadi hal yang penting dalam faktor biaya ? 

Dalam menentukan manfaat dan biaya suatu program/proyek harus dilihat secaraluas pada manfaat dan biaya sosial dan tidak hanya pada individu saja. Oleh karena menyangkut kepentingan masyarakat luas maka manfaat dan biaya dapat dikelompokkan dengan berbagai cara (Mangkoesoebroto, 1998; Musgrave and Musgrave, 1989). Salah satunya yaitu mengelompokkan manfaat dan biaya suatu proyek secara riil (real) dan semu (pecuniary).
·         Manfaat riil adalah manfaat yang timbul bagi seseorang yang tidak diimbangi oleh hilangnya manfaat bagi pihak lain.
·         Manfaat semu adalah yang hanya diterima oleh sekelompok tertentu, tetapi sekelompok lainnya menderita karena proyek tersebut.

Manfaat riil dibedakan lagi menjadi langsung/primer dan tidak langsung/sekunder (direct/primary dan indirect/secondary). Hal yang perlu diperhatikan dalam menentukan manfaat adalah hanya kenaikan hasil atau kesejahteraan yang diperhitungkan sedangkan kenaikan nilai suatu kekayaan karena adanya proyek tersebut tidak diperhitungkan. Misalnya pada proyek dam maka kenaikan harga tanah disekitar proyek tidak dimasukkan dalam manfaat dari proyek tersebut. Hal ini karena perhitungan kenaikan produktivitas tanah dan kenaikan harga tanah menyebabkan perhitungan ganda dari manfaat adanya proyek tersebut.
Manfaat langsung berhubungan dengan tujuan utama dari proyek atau program. Manfaat langsung timbul karena meningkatnya hasil atau produktivitas dengan adanya proyek atau program tersebut. Misalnya proyek pembangunan dam untuk mengairi sawah. Manfaat langsung adalah kenaikan hasil sawah karena kenaikan produktivitas tanah sebagai akibat dari bertambah baiknya pengairan sawah. Dalam menentukan manfaat ini akan timbul masalah apabila suatu proyek juga memberikan manfaat kepada proyek lain. Sebagai contoh, sebuah jalan dibangun untuk proyek dam dan proyek tenaga listrik. Perhitungan manfaat dari jalan tersebut harus dibagi antara kedua proyek tersebut.
Manfaat tidak langsung adalah manfaat yang tidak secara langsung disebabkan karena adanya proyek yang akan dibangun atau merupkan hasil sampingan. Dalam hal proyek di atas manfaat tidak langsungnya adalah kenaikan produktivitas tanah di luar area pengairan dari dam tersebut. Manfaat tidak langsung ini dapat menjadi luas sekali, tergantung dari sejauh mana memasukkan manfaat tidak langsung ke dalam analisis. Adanya dam juga dapat pula memberikan manfaat lain seperti sebagai tempat rekreasi, pusat tenaga listrik, tempat penghijauan dan sebagainya. Semua manfaat tidak langsung ini dapat dimasukkan ke dalam perhitungan manfaat dari proyek yang akan dibangun pemerintah.
Perhitungan biaya suatu proyek harus dilakukan dengan memperhitungkan biaya alternatif dari penggunaan sumber ekonomi. Perhitungan biaya ini harus memasukkan biaya langsung dan biaya tidak langsung yang berhubungan dengan proyek. Misalnya suatu proyek pengairan di suatu area yang menyebabkan berkurangnya pengairan di area lain. Dalam membuat evaluasi proyek, penurunan produksi tanah dari area lain yang terpengaruh harus dimasukkan ke dalam biaya proyek tersebut. Perhitungan biaya tak langsung dapat menjadi besar atau kecil tergantung seberapa jauh biaya tak langsung tersebut akan dimasukkan ke dalam perhitungan biaya
Dalam memperhitungkan, baik nilai sekarang maupun nilai yang akan datang maka kita harus mengikutkan panjangnya waktu dan tingkat pengembalian maka konsep (time value of money) sangat penting dalam masalah keuangan baik untuk perusahaan, lembaga maupun individu. Dalam perhitungan uang, misalkan nilai yang diterima saat ini akan lebih  bernilai atau lebih tinggi dibandingkan dengan yang akan diterima dimasa akan datang. Hal tersebut  sangat mendasar karena nilai uang akan berubah menurut waktu yang disebabkan banyak faktor yang mempengaruhinya seperti.adanya inflasi, perubahan suku bunga, kebijakan pemerintah dalam hal pajak, suasana politik, dll.