Kata multimedia merupakan kata serapan yang diambil dari
bahasa lati, yaitu Multi dan Medium, Multi yang artinya banyak atau
bermacam-macam, sedangkan Medium sesuatu yang dipakai untuk menyampaikan atau
membawa sesuatu. Sedangkan arti Medium menurut American Heritage Electronic
Dictionary, 1991) yaitu alat dan cara untuk mendistribusikan dan
mempresentasikan.
Beberapa definisi multimedia menurut beberapa ahli
diantaranya:
- Kombinasi dari paling sedikit dua media input atau output. Media ini dapat berupa audio (suara, musik), animasi, video, teks, grafik dan gambar (Turban dkk, 2002)
- Alat yang dapat menciptakan presentasi yang dinamis dan interaktif yang mengkombinasikan teks, grafik, animasi, audio dan video (Robin dan Linda, 2001)
- Multimedia dalam konteks komputer menurut Hofstetter (2001) adalah: pemanfaatan komputer untuk membuat dan menggabungkan teks, grafik, audio, video, dengan menggunakan tool yang memungkinkan pemakai berinteraksi, berkreasi, dan berkomunikasi.
- Multimedia sebagai perpaduan antara teks, grafik, sound, animasi, dan video untuk menyampaikan pesan kepada publik (Wahono, 2007)
- Multimedia merupakan kombinasi dari data text, audio, gambar, animasi, video, dan interaksi (Zeembry, 2008)
- Multimedia (sebagai kata sifat) adalah media elektronik untuk menyimpan dan menampilkan data-data multimedia (Zeembry, 2008)
Multimedia adalah
penggunaan komputer untuk menyajikan dan menggabungkan teks, suara,
gambar, animasi dan
video dengan alat bantu (tool) dan koneksi (link) sehingga
pengguna dapat melakukan navigasi, berinteraksi, berkarya dan
berkomunikasi. Multimedia sering digunakan dalam dunia hiburan.
Selain dari dunia hiburan, Multimedia juga diadopsi oleh dunia game.
Beberapa definisi menurut para ahli
:
Ø Kombinasi dari computer dan video
(Rosch, 1996)
Ø Kombinasi dari tiga elemen : suara,
gambar dan teks (McComick, 1996)
Ø Kombinasi dari paling sedikit dua
media input dan output. Media ini dapat berupa audio (suara, musik), animasi,
video, teks, grafik dan gambar (Turban dan kawan-kawan, 2001)
Ø Multimedia dalam konteks computer Hofstetter, 2001 adalah:
Pemanfaatan computer untuk membuat dan menggabungkan teks, grafik, audio,
video, dengan menggunakan tool yang memungkinkan pemakai berinteraksi, berkreasi
dan berkomunikasi.
Ø Rosch: Multimedia adalah kombinasi dari komputer dan video
Ø McComick: Multimedia adalah kombinasi dari tiga elemen:
suara, gambar dan teks
Ø Turban dan kawan-kawan: Multimedia adalah Kombinasi dari
paling sedikit dua media input atau output. Media ini dapat berupa audio
(suara, musik), animasi, video, teks, grafik dan gambar
Ø Robin dan Linda: Multimedia adalah alat yang dapat
menciptakan presentasi yang dinamis dan interaktif yang mengkombinasikan teks,
grafik, animasi, audio dan video
Ø Hofstetter: Multimedia adalah pemanfaatan komputer untuk
membuat dan menggabungkan teks, grafik, audio, video, dengan menggunakan tool
yang memungkinkan pemakai berinteraksi, berkreasi, dan berkomunikasi.
Pada awalnya multimedia hanya mencakup media yang menjadi
konsumsi indra penglihatan (gambar diam, teks, gambar gerak video, dan gambar
gerak rekaan/animasi), dan konsumsi indra pendengaran (suara). Dalam
perkembangannya multimedia mencakup juga kinetik (gerak) dan bau yang merupakan
konsupsi indra penciuman. Multimedia mulai memasukkan unsur kinetik sejak
diaplikasikan pada pertunjukan film 3 dimensi yang digabungkan dengan gerakan
pada kursi tempat duduk penonton. Kinetik dan film 3 dimensi
membangkitkan sense realistis.
Multimedia dapat disajikan dalam beberapa metode, antara
lain :
Ø Berbasis kertas (Paper-based), contoh : buku, majalah,
brosur.
Ø Berbasis cahaya (Light-based), contoh : slideshows,
transparansi.
Ø Berbasis suara (Audi-based), contoh : CD Players, tape
recorder, radio.
Ø Berbasis gambar bergerak (Moving-image-based), contoh :
televisi, VCR (Video Cassete Recorder, film.
Ø Berbasis Digital (Digilatally-based), contoh : komputer.
MENGAPA MULTIMEDIA
Pemenuhan kebutuhan informasi bagi manusia baik yang bergerak
di bidang pendidikan, perusahaan, hiburan dan sebagainya mengalami perubahan
pola atau cara. Dengan berbagai alasan seperti efisiensi waktu, biaya dan
ruang, manusia cenderung mengingini perolehan dan penyimpanan informasi dengan
cara-cara yang sederhana, cepat, menyenangkan, efisien dalam pemakaian ruang
dan dengan biaya yang relative murah.
Disisi lain berdasarkan pengamatan terhadap kemampuan
manusia dalam menerima dan mengingat informasi yang diterimanya, menurut Riset
Computer Technology Research (CTR) :
Ø Manusia mampu mengingat 20 % dari
apa yang dia lihat
Ø Manusia mampu mengingat 30% dari
yang dia dengar
Ø Manusia mampu mengingat 50% dari
yang didengar dan dilihat
Ø Manusia mampu mengingat 70% dari yang
dia lihat, didengar dan dilakukan
Ø Mengacu pada hasil penelitian
tersebut, para ahli teknologi berupaya mengadakan teknologi yang memungkinkan
manusia memperoleh informasi yang diingininya dengan cara melihat, mendengar
dan mengalami (menjadi pelaku) di dalamnya Dll.
KLASIFIKASI MULTIMEDIA
Media (berdasar ISO93a) dapat diklasifikasikan menjadi
beberapa criteria :
1.
Perception Medium
Perception media merupakan penggunaan media dalam membantu
manusia untuk merasakan lingkungannya. Bagaimana manusia menerima informasi
pada lingkungan computer? Persepsi informasi melalui penglihatan atau
pendengaran? Penerimaan informasi yang diterima manusia melalui indera
“pendengaran” dan atau “penglihatan” tentunya akan mengalami perbedaan
persepsi.
Aspek pada presentation medium :
Ø Aspek Representation space : sesuatu yang terkandung dalam
presentasi secara nyata. Misalnya kertas, layer, slide show, banner, poster dsb
Ø Aspek Representation Values : nilai-nilai yang terkandung
dalam presentasi
1.
self contained (isi presentasi itu sendiri)
2.
Predifined Symbol set (makna dari symbol) misalnya teks,
ucapan, gerak tubuh
3.
Aspek Representation Dimension Ruang (space) dan Waktu
(time) :
Ø Time independent (tidak bergantung terhadap waktu), discreet
(text, grafis)
Ø Time dependent (bergantung terhadap waktu) continous media
(video, audio sinyal dari sensor yang berbeda
4.
Representation Medium (media yang digunakan untuk
mempresentasikan informasi) dalam hal ini dengan format apa informasi akan
disajikan.
5.
Presentation Medium (media penyajian) Tool dan device yang
digunakan untuk proses input dan output informasi. Melalui media apa informasi
disajikan oleh computer?
Ø Output :kertas, layer, speaker
Ø Input : keyboard, mouse, kamera, microphone
6.
Storage Medium (media penyimpanan) Pembawa data yang
mempunyai kemampuan untuk menyimpan informasi. Dimanakah informasi akan
disimpan (micro film, hard disk, floppy disk, flash disk, CD-ROOM, DVD, VCD,
SDCard dsb.
7.
Transmission Medium (Media Pengiriman) Pembawa informasi
yang memungkinkan terjadinya transmisi (pengiriman) data secara kontinyu (tidak
termsuk media penyimpanan). Bagaimana informasi dari tempat yang berbeda dapat
dipertukarkan? (melalui jaringan menggunakan kabel (coaxial, fiber optic) atau
melalui udara terbuka (wireless).
8.
Information Exchange Medium (media penukaran informasi)
Pembawa informasi untuk transmisi, contoh : media penyimpanan dan media
transmisi. Bagaimana informasi yang berbeda saling dipertukarkan? (direct
transmission dengan jaringan computer, combined (storage dan transmission
media), web yang berisi informasi, e-book, forum
JENIS-JENIS SOFTWARE YANG BIASA DIGUNAKAN UNTUK MULTIMEDIA
Dalam dunia yang canggih sekarang ini, Kita di permudah dalam
mengolah beberapa media informasi, seperti gambar/Image, teks, audio, grafik,
interaktif, video dan masih banyak lagi jenis-jenis aplikasi multimedia yang
lainnya. Dari yang hanya sekedar melihat (View) sampai dengan mengedit dan
membuat nya.
Berikut ini jenis-jenis software multimedia yang
diketahui :
Audio/Video Editor
Video/audio editor adalah jenis perangkat lunak yang digunakan untuk mengedit
dan memanipulasi informasi dalam bentuk video dan audio. Banyak sekali proses
dalam mengedit video dan audio, contohnya adalah proses pemotongan,
penggabungan, konversi format audio/video, dan manipulasi kualitas audio/video.
Beberapa jenis perangkat lunak media player adalah:
1.
Adobe Premiere Pro, bersifat komersial dan diproduksi oleh
Adobe Systems.
2.
Adobe Premiere Elements, bersifat komersial dan diproduksi
oleh Adobe Systems.
3.
Windows Movie Maker, bersifat komersial dan diproduksi
Microsoft Corp.
4.
Pinnacle Studio, bersifat komersial dan diproduksi oleh
Pinnacle Systems.
5.
TMPGEnc, bersifat komersial dan diproduksi oleh Pegasis Inc.
Multimedia dimanfaatkan juga dalam dunia pendidikan dan bisnis. Di
dunia pendidikan,
multimedia digunakan sebagai media pengajaran, baik dalam kelas maupun secara
sendiri-sendiri. Di dunia bisnis, multimedia digunakan sebagai media profil perusahaan,
profil produk, bahkan sebagai media kios
informasi dan pelatihan dalam
sistem e-learning.
Baru mulai menjadi bagian dari multimedia sejak ditemukan
teknologi reproduksi bau melalui telekomunikasi. Dengan perangkat input
pendeteksi bau, seorang operator dapat mengirimkan hasil digitizing bau
tersebut melalui internet. Komputer penerima harus menyediakan perangkat output
berupa mesin reproduksi bau. Mesin reproduksi bau ini mencampurkan berbagai
jenis bahan bau yang setelah dicampur menghasilkan output berupa bau yang mirip
dengan data yang dikirim dari internet. Dengan menganalogikan dengan printer,
alat ini menjadikan feromon-feromor bau sebagai pengganti tinta. Output bukan berupa
cetakan melainkan aroma.
Sumber :
http://rahmannurfaizi.blogspot.com/2011/10/pengertian-multi-media-secara-etimologi.html
http://makalahkomplit.blogspot.com/2012/11/definisi-multimedia-menurut-para-ahli.html
http://makalahkomplit.blogspot.com/2012/11/definisi-multimedia-menurut-para-ahli.html
Makasih mas atas infonya
BalasHapusAnkara
BalasHapusBolu
Sakarya
Mersin
Malatya
XFOCE
elazığ
BalasHapusbilecik
kilis
sakarya
yozgat
8UWLL6
görüntülü.show
BalasHapuswhatsapp ücretli show
W2S
antalya evden eve nakliyat
BalasHapusankara evden eve nakliyat
bursa evden eve nakliyat
yalova evden eve nakliyat
gümüşhane evden eve nakliyat
TJU2G
8BFF1
BalasHapusÇerkezköy Evden Eve Nakliyat
Hotbit Güvenilir mi
Çerkezköy Oto Elektrik
Denizli Lojistik
Aptos Coin Hangi Borsada
Maraş Şehirler Arası Nakliyat
Zonguldak Lojistik
Tunceli Lojistik
Çerkezköy Çatı Ustası
8B820
BalasHapuskadınlarla sohbet
zonguldak sohbet odaları
tekirdağ sesli sohbet siteleri
çanakkale telefonda rastgele sohbet
kastamonu telefonda kadınlarla sohbet
niğde canlı ücretsiz sohbet
sesli mobil sohbet
burdur ücretsiz sohbet sitesi
osmaniye sesli sohbet sesli chat